Wednesday, March 21, 2012

LANGKAH-LANGKAH MEMPERMUDAH MENGGUNAKAN LINUXMINT DI LINGKUNGAN KANTOR PEMERINTAHAN

Sudah cukup lama saya menjajaki Linuxmint di komputer kantor, walaupun sebenarnya dulu komputer ini berisi OS jendela resmi, akan tetapi karena sudah kena virus, pernah direstore, dan lain-lain sampai pada akhirnya diinstall ulang dengan OS tidak resmi maka saya memutuskan untuk menginstal ulang dengan linuxmint (dengan izin otoritas yang bersangkutan tentunya.

Perlu diingat jika anda bekerja di Kantor Pemerintah, sudah ada peraturan bahwa tidak boleh menggunakan perangkat lunak bajakan. Maka dari itu, saya berani mengambil komputer "jadul" di kantor dan mengutak-atiknya sendiri. Daripada komputer milik pemerintah ini diisi perangkat lunak bajakan, dan tidak terpakai di gudang saya pakai saja untuk belajar linux :-).

Ada beberapa saran saya sebelum belajar menginstal penuh linux di komputer kantor :
  1. Back up data yang ada di komputer, siapa tau masih ada data lama yang diperlukan
  2. Pastikan komputer yang anda gunakan benar-benar tidak dipakai oleh kantor anda
  3. Minta izin kepada pihak yang berwenang
  4. Konsisten dan disiplin dalam menggunakan linux (jangan mencla-mencle dan mudah beralih ke jendela)
  5. Rajin belajar dan jangan segan untuk bertanya kepada komunitas Opensource
Menginstal linux pasti akan mendapatkan berbagai hambatan, akan tetapi justru hambatan itu yang membuat menarik. Kita akan puas jika bisa mengatasi hambatan tersebut.

Untuk lebih mempermudah, saya sebelumnya telah melakukan adaptasi dengan cara menginstal linuxmint secara dual boot di komputer lain (WinXP). Walaupun pada akhirnya setelah lancar menggunakan linux saya kembali mencopot instalasi linuxmint tersebut. Jadi dual booting hanya sebatas sarana untuk migrasi karena adaptasi itu sangat diperlukan. Kita tidak bisa serta-merta berpindah ke linuxmint apalagi jika di kantor kita semuanya masih menggunakan "jendela".

langkah pertama :

Instal Linuxmint di komputer anda. Pemilihan cara menginstal ada dua yaitu install dari CD atau install lewat USB. Sementara saya belum bisa posting caranya, lain kali saja,hehe. Pilihan saya adalah instalasi menggunakan USB karena saya tidak punya cd installer. Memiliki USB installer juga mempunyai keuntungan tersendiri. Jika anda memiliki komputer yang sistem operasinya sedang rusak tetapi ingin mengambil datanya, tinggal colok saja dan lakukan boot melalui USB.


Instalasi linuxmint anda menggunakan USB flashdisk. Anda dapat membuat USB instaler dengan program tertentu dengan sebelumnya mengunduh file .ISO-nya. Anda dapat menemukan link downloadnya di sini .
download UNIVERSAL USB INSTALLER
download LINUX LIVE USB CREATOR
saya sudah mencoba dua-duanya dan keduanya dan berhasil, akan tetapi saya lebih menyarankan menggunalan Universal USB Creator karena lebih lengkap (tidak hanya Ubuntu).


langkah kedua :


Lakukan pembaruan (update dan upgrade). Pada linuxmint hal ini bisa dilihat di icon segitiga terbalik (gambar perisai atau tameng) jika ada huruf "i" maka ada update yang diperlukan. Klik tonbol tersebut dan lakukan update (ikuti langkah-langkah yang ada dan cukup mudah). Jika anda menggunakan versi CD maka terlebih dahulu lakukan upgrade ke versi DVD. Cukup ketikkan kata DVD di kotak pencarian (pada menu utama), dan jalankan upgrade.


langkah ketiga :


Instal program dan pendukungnya yang diperlukan, dalam hal ini karena membahas masalah komputer kantor maka pastikan beberapa program berikut ada di komputer :
  1. Office, pengolah data (LibreOffice atau OpenOffice)
  2. Codec untuk menjalankan video
  3. Flash player untuk browser internet
  4. Java sebagai pendukung browser internet
  5. Wine, sebagai sarana menjalankan program berekstensi.exe
  6. HPLIP, merupakan softwarep pengatur printer untuk merk HP
  7. Jupiter, merupakan program penghemat daya (khusus laptop)
  8. Inkscape, program desain grafis
  9. Gimp, program edit gambar
  10. IPmessenger (pop up messenger), untuk mengirim pesan dan file antar komputer dapat dijalankan di wine
  11. Samba, sebagai sarana sharing printer dengan komputer yang memakai windows
program-program dan pendukungnya dapat ditemukan di Synaptic Package Manager. Anda tidak perlu mendownloadnya cukup cari di daftar synaptic tandai untuk diinstall dan install maka secara otomatis synaptic akan mendownload dan memasangnya di komputer anda (perlu koneksi internet).


jika anda tidak menemukannya dalam synaptic anda bisa mencarinya di google dan mendownload filenya. Usahakan untuk mencari file bertipe .deb. Tipe file ini dapat diinstall dengan lebih mudah karena linuxmint sudah ada  Gdebi package manager. Jika anda hanya menemukan file yang bertipe tarbal (.tar.gz atau tar.g2) cobalah hal berikut :
--ekstrak file tarball
--masuk ke dalam folder hasil ekstrak
--buka terminal (klik kanan-open in terminal)
--ketik ./configure [enter]
--ketik install [enter]
--ketik make install [enter]
--ketik sudo apt-get install -f [enter] (dan masukkan password) [enter]
--selama instalasi usahakan anda terkoneksi dengan internet.


langkah keempat :


Nikmati menggunakan linux. Jangan malu untuk bertanya di forum opensource. Jangan malas untuk belajar. Jika mendapatkan masalah simbah google siap membantu.

No comments:

Post a Comment